banner 728x210

Gelar UKT, PPS Betako Merpati Putih Kuansing Target Berprestasi di Porprov Riau 2022

  • Bagikan
banner 468x60

KUANSING, JURNAL10. COM–Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih Cabang Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, menargetkan pesilat binaan perguruan itu mampu berprestasi di ajang Porprov Riau pada 2022.

Tekad tersebut disampaikan Ketua Perguruan Silat Merpati Putih Cabang Kuansing, Aipda Bharata Dewa Mangala, disela-sela kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) yang dilaksanakan di Desa Geringging Baru, Dusun Karang Ampel, Kecamatan Sentajo Raya, Rabu (29/12/2021) malam.

Menurut Bhabinkamtibmas Desa Geringging Baru itu, Penguruan Silat binaannya berdiri sejak 2003, namun pada tahun 2003-2015 masih bergabung dengan Penguruan Pencak Silat Merpati Putih Cabang Padang, Sumatera Barat.

“Sementara untuk organisasi cabang Penguruan Silat Merpati Putih Kabupaten Kuansing diresmikan pada tahun 2016 berdasarkan Surat Keputusan dari Pengurus Pusat Merpati Putih Jakarta,” ungkapnya.

Dikatakannya, Untuk UKT ini telah diadakan pada tanggal 26-27 Desember 2021 untuk ujian materi, tata gerak dan pematahan material keras.

Sedangkan untuk kegiatan kali ini, lanjutnya, merupakan ujian mental atau pengambilan sabuk dan dilanjutkan dengan giat pengukuhan peserta yang lolos mengikuti ujian rangkaian UKT tersebut pada 08 Januari 2022.

Menurutnya, PPS Betako Merpati Cabang Kuansing ini sudah memiliki 5 Kelompok Latihan diantaranya di Kecamatan Inuman, Kecamatan Kuantan Hilir, Kecamatan Kuantan Tengah, Kecamatan Sentajo Raya, dan Kecamatan Singingi dengan jumlah seribu orang pesilat.

“Untuk kegiatan UKT tahun ini berjumlah 30 peserta yang diikuti lima kelompok latihan yang terdiri dari tingkatan dasar I, Dasar II dan Balik I, sebutnya.

Diterangkan Bharata Dewa, Sejarah Penguruan Silat Merpati Putih ini resmi berdiri dan tergabung dalam organisasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sejak tahun 1963 yang awalnya khusus diajarkan dilingkungan militer Kopasus dan Paspampres saja.

Namun dengan berkembangnya zaman, Silat Merpati Putih diajarkan untuk kalangan umum, bahkan juga berkembang hingga mancanegara antara lain di negara Thailand, Australia, Malaysia dan beberapa negara lainnya.

Lanjutnya, Perguruan Merpati Putih juga telah mengikuti sejumlah kompetisi silat, baik yang diadakan di Indonesia maupun yang diadakan oleh negara lain, hal itu tentunya menjadi sebuah nilai tersendiri dan sebuah kebanggaan yang bagi PPS Betako Merpati Putih dan Indonesia secara umum.

Ia menambahkan terkait target bagi pesilat binaannya dalam waktu dekat ini, PPS Betako Merpati Putih Kuansing akan mengikuti kejuaran silat tingkat Kabupaten sebagai langkah lanjut persiapan menghadapi Porprov Riau 2022 yang kali ini dipusatkan di kabupaten itu selaku tuan rumah.

“Dalam Kompetensi ini Merpati Putih mempersiapkan dan mengutus 16 orang pesilat pada kategori laga dan seni. Mari kita doakan utusan kita berhasil dan menang,” pintanya.

Sementara itu, Kapolres Kuansing melalui Kapolsek Benai, Iptu Donal Jhonson Tambunan SH memberikan aspresiasi dan dukungan kepada personilnya Aipda Bharata Dewa dalam menggembangakan dan memajukan Perguruan Silat Merpati Putih.

“Kami dari Kepolisian khususnya Polsek Benai baik secara pribadi maupun kelembagaan akan selalu mendukung perjuangan Aipda Bharata Dewa bersama pesilat didikannya, karena menurut saya dalam Perguruan Silat Merpati Putih tidak hanya mengajarkan bela diri saja melainkan juga menggelorakan semangat Bhineka Tunggal Ika dan kedisiplinan, “tutupnya.***

banner 336x280
Penulis: AndreEditor: Rully Firmansyah
banner 120x600
  • Bagikan