banner 728x210

Jaksa di Aceh Tuntut Pelaku Pemerkosaan 67 Bulan Penjara

  • Bagikan
banner 468x60

NAGAN RAYA, JURNAL10.COM–Tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Kabupaten Nagan Raya, Aceh, menuntut dua pelaku pemerkosaan terhadap anak dibawah umur dengan hukuman 67 bulan kurungan penjara.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Seksi Intelijen Heru Dwi Admojo SH, MH Kejaksaan Negeri setempat, Selasa (25/01).

“Dalam sidang lanjutan yang digelar pada Senin 24 Januari 2022 tentang hukum jinayah di Makamah Syar’ah Suka Makmue Nagan Raya Provinsi Aceh, tuntutan itu ditujukan bagi dua orang terdakwa berinsial MR (17) dan JM (17), ” jelasnya.

Menurutnya, dalam sidang perkara yang digelar di Mahkamah Syar’iyah (MS) Suka Makmue tersebut dengan agenda sidang pembacaan surat tuntutan pidana oleh Jaksa Penuntut Umum
(JPU) R. Bayu Ferdian, SH. MH dan Runi Yasir, SH., MH bahwa keduanya terbukti secara sah dan meyakinkan telah bersalah melakukan tindak pidana.

Sebagaimana didakwakan dalam dakwaan primair, lanjutnya, Penuntut Umum menilai perbuatan tersangka telah melanggar pasal 50 Jo pasal 6 ayat (1) Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat.

“Keduanya dijatuhkan
Uqubat berupa penjara selama 67 (enam puluh tujuh) bulan dikurangi selama berada dalam tahanan dengan perintah agar tetap ditahan dan dibebankan membayar biaya perkara sebesar Rp. 3.000,- (tiga ribu rupiah), ” sebutnya.

Sebelumnya, Kepolisian Resor (Polres) Nagan Raya, Aceh, telah melimpahkan berkas perkara pemerkosaan anak dibawah umur yang melibatkan 14 tersangka ke pihak Kejaksaan Negeri setempat.

Kapolres Nagan Raya AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, SH,.SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Machfud, SH,.MM, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (01/01/2022) mengungkapkan, berkas yang dilimpahkan itu baru untuk dua tersangka masing-masing berinisial J(17) dan MR(17).

“Pada pelimpahan berkas kali ini selain kedua tersangka juga disertakan sejumlah barang bukti berupa satu lembar BH warna putih motif bola bola, satu lembar kain sarung, satu lembar hijab warna putih, satu lembar switer warna hitam serta 1 lembar celana pendek warna hitam merek Thrasyer, “jelasnya.***

banner 336x280
Penulis: Cautsar IsEditor: Rully Firmansyah
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *