banner 728x210

Kejari Terima Pelimpahan Berkas Perkara 11 Tersangka Rudapaksa ABG di Aceh

  • Bagikan
banner 468x60

NAGAN RAYA, JURNAL10.COM–Kepolisian Resor (Polres) Nagan Raya, Aceh, melimpahkan berkas beserta 11 orang tersangka kasus rudapaksa terhadap korban anak dibawah umur yang diperkosa disalah satu cafe pada tahun 2021 yang lalu ke pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat

Pantauan wartawan, penyerahan berkas dan pelaku rudapaksa itu dilaksanakan oleh Kasat Reskrim AKP Machfud dan diterima oleh Kasi Pidum Kejari Nagan Raya, R.Bayu Ferdian, Kamis (03/02).

Kapolres Nagan Raya AKBP Setiyawan Eko Prasetiya melalui Kasat Reskrim AKP Machfud menyebutkan ke-11 pelaku itu patut diduga telah melanggar pasal 48 jo pasal 50 Jo pasal 6 ayat (1) Qanun Aceh nomor 6 tahun 2014 Hukum Jinayat jo Undang-Undang nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak

Menurutnya, penyerahan tersangka serta barang bukti tersebut guna untuk dititipkan ke Lembaga Permasyarakatan (LP) Aceh Barat untuk mengikuti tahapan persidangan di Pengadilan Negeri.

“Sedangkan dua pelaku lagi yang masih di bawah umur telah diputuskan hukumannya oleh Mahkamah Syariah selama 67 bulan penjara, yakni MR 17 tahun dan JM 17 tahun,” kata ungkapnya.

Disebutkan, 11 orang pelaku yang diserahkan kali ini memiliki usia masing-masing berusia 18 hingga 21 tahun.

Pada kesempatan itu ia juga mengimbau masyarakat untuk menjaga anak-anaknya dengan baik agar terhindar dari pelaku kejahatan seksual atau kejahatan lainnya.

“Pihak Polres Nagan Raya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui petugas Bhabinkamtibmas agar berbagai kasus kejahatan di Kabupaten itu menurun pada 2022,” tutupnya.

Sebelumnya,Tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Kabupaten Nagan Raya, Aceh, menuntut dua pelaku pemerkosaan terhadap anak dibawah umur dengan hukuman 67 bulan kurungan penjara.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Seksi Intelijen Heru Dwi Admojo SH, MH Kejaksaan Negeri setempat, Selasa (25/01).

“Dalam sidang lanjutan yang digelar pada Senin 24 Januari 2022 tentang hukum jinayah di Makamah Syar’ah Suka Makmue Nagan Raya Provinsi Aceh, tuntutan itu ditujukan bagi dua orang terdakwa berinsial MR (17) dan JM (17), ” jelasnya. ***

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *